Hal Penting Dilakukan Dalam Sebuah Blog

Bookmark and Share



Ada banyak sekali parameter-parameter dan logika yang dipakai oleh mesin pencari dalam mengideks suatu halaman. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan dalam rangka peningkatanSEO. Adapun hal tersebut sesuai dengan pengalaman beberapa webmasterdan blogger yang telah dirangkum agar memudahkan pemula dalam peningkatan SEO.

1.    Hal Penting Dilakukan


1. Buat Artikel Baru

       Mesin pencari tidak menyukai artikel yang sama persis, karena dikira sebagai pencontekan artikel. Lebih baik membuat artikel baru yang merupakan hasil karya sendiri atau bisa juga bersumber dari berbagai sumber rangkuman, analisa, ataupun penterjemah.  

2. Selalu Update
  
           Selalu mengupdate atau postingan artikel sangat dianjurkan, karena mesin pencari akan mengecek apakah ada artikel baru atau tidak. Makin banyak artikel kita, maka banyak halaman yang bisa diindeks oleh mesin pencari. 

3. Hindari Halaman Yang Tidak Ada (Halaman Error 404)

               404 bisa diartikan file/halaman tidak ada, yaitu halaman yang disajikan ke pengunjung dengan keterangan yang diberikan oleh server sebagai halaman error. Halaman error ini adalah halaman yang muncul bila server tidak dapat menemukan lokasi yang diminta dan tidak tahu statusnya. Pada kebanyakan kasus, error 404 muncul untuk halaman yang dipindahkan atau bahkan di hapus atau tata letak status atau informasi halaman berubah.

          Banyak perusahaan housting menawarkan halaman 404 redirect. Ini berarti bahwa ketika pengguna memasukkan URL dari halaman manapun dari domain anda, dan halaman tersebut tidak ada atau tidak dapat ditemukan lagi. Perhatikan ketika anda memutuskan untuk menghapus halaman tertentu. Ingatlah untuk mengarahkan mereka ke halaman utama situs dengan menggunakan 301 (dipindahkan secara permanen) kode respon HTTP.

              Anda dapat meningkatkan keramahan ke pengunjung situs anda dengan menciptakan sebuah halaman 404 kostom.
  • Hindarkan pesan permintaan maaf atas ketidaknyamanan ini ke situs anda. Mengenalkan pesan kesalahan dan menyertakan link jelas ke halaman beranda (home).
  • Penawaran bantuan dan mendorong pengguna untuk terus mencari informasi yang dia butuhkan di situs anda. Bahkan anda dapat menempatkan kontak pencarian pada halaman kesalahan.
  • Jauhkan Desain yang sama halaman kesalahan dengan halaman normal pada website.
          Tetapi ingat bahwa strategi terbaik untuk halaman 404 kesalahan adalah untuk mencegah muncul sama sekali, karena banyak pengunjung menganggap bahwa website secara utuh tidak ada.

4. Hindari Yang Tidak Tertaut Dengan Halaman Lain (Orphan Pages)

           Halaman yang tidak terhubung dengan halaman lainnya akan mengakibatkan sulit ditemukan oleh mesin pencari atau pengunjung. Untuk menghindari halaman ini di situs web/blog anda, periksalah secara teratur bahwa semua halaman terhubung satu sama lain.

            Mesin pencari menilai sebuah situs dengan banyaknya halaman tidak tertaut (tidak terhubung dengan link) ini kurang profesional dan tidak layak mendapat peringkat tinggi. Jenis situs sedang dalam pembuatan juga dinilai masih miskin konten. Jika halaman anda tidak terhubung dengan benar, mesin pencari tidak akan mengindeks dan akan menganggap mereka tidak relevan pencarian.

             Mesin pencari tidak menganjurkan halaman yang menggunakan frame HTML. ketika robot menelusuri melalui halaman anda, frame-frame tersebut dianggap sebagai anak yatim di halaman hasil pencarian.

5. Gunakan Halaman Redirect (kode 301)

           Untuk menghindari menampilkan sebuah halaman error 404, membuat halaman redirect 301. kede 301 bererti "pindah secara permanen" dan itu cara termudah untuk mempertahankan peringkat mesin pencari anda untuk halaman tersebut.

          Ada dua cara utuk menghasilkan halaman redirect 301. Jika situs anda adalah host pada server Linux atau Unix, buat file Htaccess untuk menambahkan redirect ke root web server anda.

        Tetapi perhatikan, sebuah 301 redirect yang tidak benar dapat menyebabkan anda menemui masalah besar, karena website anda akan gagal dan pengunjung tidak dapat mengunjungi halaman anda. Membuat halaman 301 redirect dengan benar dipastikan web/blog anda akan tetap tinggi di peringkat pencarian.

6. Buat Setemap

            Sitemap adalah sebuah halaman web yang berisi daftar semua halaman website anda. Mereka dimaksudkan memudahkan pengunjung untuk memudahkan informasi yang mereka butuhkan, dan untuk mesin pencari untuk mengindeks halaman. Link sitemap anda harus diletakkan di halaman awal anda peta situs dapat meningkatkan SEO. Untuk memastikan bahwa boot mesin pencari memeriksa seluruh situs anda dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk di indeks, ini akan menjadi ide yang baik untuk menggunakan generator sitemap. Anda dapat menggunakan ROR sitemaps yang dapat dibaca oleh semua mesin pencari.

          ROR adalah alat sitemap yang menggunakan XML feed untuk menjelaskan situs web anda. ROR sitemap memungkinkan mesin pencari untuk cocok dengan pencarian teks dengan informasi yang terstruktur, sehingga mendapatkan relevansi lebih untuk situs anda. Selain menggunakan generator, beberapa layanan telah menyediakan feed RSS yang bisa digunakan sebagai peta situs.

7. Hindari Halaman Dinamis Berlebihan

           Halaman dinamis yang dimaksud adalah halaman yang berisi teks dan gambar yang berubah otomatis tanpa dilakukan reload/refresh halaman. Biasanya halaman ini memanfaatkan javascript. penggunaan javascript yang berlebihan juga tidak dianjurkan, karena mempersulit pengindeksan mesin pencari.

8. Taruh file CSS dan JavaScript di Luar File Halaman.

          Bagi mesin pencari, kode dengan format yang tidak benar akan berdampak negatif pada peringkat web/blog anda. jika anda memiliki terlalu banyak kode HTML, konten teks tidak akan terlihat sama sekali. Untuk mengurangi kode HTML, letakkan Sript CSS dan JavaScriprt di luar halaman.

9. Pastikan Format [X]HTML yang Baik

           Cobalah untuk memperbaiki kesalahan kode HTML yang mungkin ada. Meskipun mesin pencari tidak memperingatkan situs web berdasarkan yang memiliki kode sesuai standar yang lebih baik, tetapi mereka cenderung senang dengan halaman yang mempunyai format HTML lebih baik. Gunakan HTML Vilidator W3 untuk memeriksa Validitas kode anda.

10. Memanfaatkan Google Analytics

        Google Analytics datang dengan fitur canggih dan memberikan laporan yang baik sebagai alat analisis. Semua menyadari menfaat menggunakan perangkat analisis untuk mengekstrak data yang relevan dengan mereka.

11. Cari Web/Blog Dengan Tema yang Sama Sebagai Kompetitor

              Kunjungi situs web pesaing yang ada diposisi atas pencarian, Dengan penelusuran ini menghasilkan beberapa pertanyaan:
  • Berapa jumlah situs web yang bersaing untuk kata kunci yang sama?
  • Berapa umur website populer tersebut?
  • Berapa banyak Link website populer ke Website tersebut?
  • Tipe media sosial yang digunakan oleh situs-situs tersebut?
            Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut anda bisa mencari jawabannya den cobalah ikuti dan kembangkan inovasi yang lebih baik.

12. Ambil Keyword yang Sesuai

           Target kata kunci yang salah merupakan kesalahan umum dalam pengoptimalan (proses optimasi). Pemasar pilih kata kunci yang mereka pikir penjelasan dari situs web mereka, Tetapi rata-rata pencari tidak berpikir dalam istilah kata kunci yang sama. Memilih kata kunci yang tepat dapat meningkatkan atau menurunkan SEO anda. Sebuah bantuan Google dengan memberi saran kata kunci, akan membantu anda menemukan kata kunci yang sesuai untuk situs anda.

13. Menggunakan Struktur URL yang Baik.

               Dengan URL yang mudah diingat dan dimengerti orang, juga akan berdampak pada pengindeksan yang dilakukan oleh mesin pencari.

14. Memasang Kata Kunci yang Banyak

            Dengan satu juta situ web bersaing untu kata kunci pendek, dapat memakan waktu lebih dari 6 bulan untuk menentukan peringkat dalam 20 besar untuk kata kunci kompetitif. Dalam hal ini, panjang kata kunci sangat berguna, kata kunci yang dimaksud adalah lebih spesifik dan dapat berisi nama produk tertentu, merek atau kota.

             Ranking untuk kata kunci panjang relatif lebih mudah dan lebih baik daripada kata kunci pendek, kata kunci yang terdapat pada tag judul sangat berpengaruh.

15. Implementasi Autentikasi Dengan File Robot.TXT

           Tujuan utama untuk menggunakan file robots.txt adalah untuk mendapatkan kontrol penuh atas data yang akan diindeks oleh bot mesin pencari. Mengimplementasikan file Robots.txt hanya bila anda ingin mencegah halaman web yang tidak diinginkan untuk diindeks. Sebuah file robots.txt selalu ditempatkan dalam root folder dari situs dimana bisa mudah ditemukan bot/robot mesin pencari.

             Sekian dulu pembahasan Hal Penting Dilakukan Dalam Sebuah Blog, baca juga Artikel selanjutnya mengenai Hal Yang Jangan Dilakukan Dalam Blog  anda bisa klik DISINI untuk membacanya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

 

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net