Cara Deteksi Kesehatan Blog

Bookmark and Share



Layanan Google Webmaster Tool mempunyai fasilitas yang dapat mendeteksi kesehatan blog. Bagi sahabat blogger yang memiliki banyak blog untuk dikelola akan dipermudah dengan fasilitas ini sebab rincian deteksi tersebut tidak hanya menyangkut masalah dugaan blog terinfeksi malware akan tetapi hal lainnya yang membuat performa blog tidak fit di mata search engine google. Apa sajakan itu ? Berikut ulasan ringkas mengenai fasilitas ini..

Deteksi kesehatan Blog di Google Webmaster Tool mencakup :
1. Infeksi Malware

Untuk blog yang telah terdeteksi malware, laporannya akan kita terima bila blog kita telah terinfeksi malware, dalam laporan Details akan tertuliskan kata Some critical malware detected. Silahkan klik link Malware detected ? untuk melihat detailnya..

Untuk sahabat blogger yang blognya mengalami masalah terinfeksi malware, silahkan simak posting Cara Membersihkan Blog Yang Terinfeksi Malware dan posting Cara Mencegah Blog dari Blacklist Google Akibat Terinfeksi Malware. Siapa tahu posting ini bisa sedikit membantu anda..

2. Penghapusan URL

Yang dimaksud penghapusan url penting ini bukanlah penghapusan posting blog yang telah terpublish namun penghapusan url melalui akun Webmaster Tool dengan tujuan agar url tersebut tidak dirayapi oleh spider bot google serta tidak dimasukkan di halaman search engine google dan directory-nya, seperti yang kita lakukan ketika menghapus crawl error di Google Webmaster Tool maupun menghapus url yang terinfeksi malware untuk mencegah indexing terhadap url yang terindikasi berbahaya itu agar blog tidak disinyalir bebahaya lagi dimata google.

Kenapa penghapusan url di atas tidak disarankan oleh google dan cenderung bisa membuat blog jadi tidak sehat ? Bukankah ini akan baik bagi perkembangan blog kita bila kita melakukannya pada url yang bermasalah tersebut ? Sebenarnya dalam jumlah penghapusan tertentu yang tidak terlalu besar, tidak akan berdampak negatif namun bila jumlah url penting terutama url posting blog yang diremove berjumlah ribuan ini akan mengganggu proses crawl dan indexing blog. Selain itu bila suatu saat kita menginginkan spider bot untuk mengcrawl kembali url yang telah kita remove ini, akan menjadi sangat sulit untuk meminta spider bot menangguhkan permintaan remove url tersebut. Karena itu sebaiknya kita peruntukkan penghapusan url ini untuk url yang benar – benar sangat mendesak seperti url yang di dalamnya berisi tentang data – data rahasia, url error, url yang terinfeksi malware yang mana belum 100% bebas dari malware dan masih dalam tahap proses pembersihan.

Sebisa mungkin kita hindari hal – hal yang bisa mempengaruhi kesehatan blog seperti menghapus posting yang telah terpublish maupun sengaja tidak mengizinkan spider bot untuk mengcrawl posting tertentu seperti posting yang berisi review blog, posting kontes seo yang telah usai dan sebagainya dengan tujuan supaya tidak terindex search engine google demi menjaga sebuah pagerank blog agar tidak jatuh di update google pagerank mendatang.

Jadi jika kita melakukan hal berlebihan dalam melakukan penghapusan url di Webmaster Tool maka dapat dipastikan akan merusak kesehatan blog dan ini akan segera terdeteksi oleh Webmaster Tool.

3. Perintah File Robots.txt

Sebelumnya pada posting Peran Robots.txt dalam Optimasi SEO | Webmaster Tool telah dijelaskan fungsi dari file ini yaitu memberi tahu spider bot mana bagian blog yang boleh di crawl dan yang tidak. Bila suatu ketika spider bot meninjau blog kita dan memasuki konten tertentu yang semestinya penting untuk dicrawling namun kita tidak memperbolehkannya dengan cara memblokir url tersebut melalui file robots.txt ( yang sebelumnya file tersebut tidak kita blokir ) ataupun menghapusnya ( menghapus konten yang terpublish di blog ), hal seperti ini dapat menyebabkan proses crawl dan indexing yang dilakukan oleh spider bot jadi terhambat sehingga bisa dipastikan pada Webmaster Tool akan dideteksi sebagai hal yang mengganggu kesehatan blog dan perlu bagi kita untuk menyelesaikan masalah ini.

Kita usahakan semua konten yang telah dipublish jangan sampai dihapus dan bagi sahabat blogger yang dapat mengedit file robots.txt jangan sering mengedit file robots.txt yang tujuannya untuk memblokir url dari konten tertentu agar tidak di hampiri spider bot.

Mengatasi masalah kesehatan blog

Saat Webmaster Tool mendeteksi blog kita bermasalah atau mengalami gangguan yang dapat kita lakukan kita klik link Check site health kemudian kita akan dibawa ke suatu halaman yang menguraikan detail masalahnya. Kita selesaikan masalah yang sekiranya menjadi penyebab blog kita jadi tidak sehat.

Setelah kita menyelesaikan masalah yang mengganggu kesehatan blog, pada Webmaster Tool peringatan yang dimunculkan di halaman utama Google Webmaster Tool secara otomatis akan menghilang namun ini butuh waktu. Jadi saat kita telah yakin blog bersih dari 3 hal di atas, peringatan tidak akan langsung hilang. Kita tunggu beberapa hari.

Lebih detail informasi tentang fasilitas deteksi kesehatan blog di Google Webmaster Tool, silahkan sahabat blogger mengunjungi Google Webmaster Central Blog.

Semoga ulasan tentang Cara Deteksi Kesehatan Blog di Google Webmaster Tool bisa bermanfaat...

{ 4 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...

trmkasih sob infonya,,ternyata bukan hanya manusia saja ya yg harus cek kesehatn..blog iya juga,,

Anonim mengatakan...

bagaimna mengatasi gambar postingan suka berubah/disusupi url tambahan jd gambarnya berubah tapi hanya terlihat di halaman home, kalau di buka postingaya gambar normal kembali. makasih minta pencerahanya bos..

Chils Desoel mengatakan...

inilah cara menjaga kesehatan mata

Nurjanah mengatakan...

untuk pemula seperti sayah sangat terbantu atas adanya artikel seperti ini Nes V Original

Posting Komentar

 

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net