Optimasi Penempatan Keyword

Bookmark and Share



Kata kunci / keyword memiliki kekuatan besar yang akan menjadikan sebuah blog masuk ke dalam halaman pertama search engine, akan tetapi akan sangat berbeda hasilnya bila kita tidak memaksimalkan penggunaan kata kunci yang kita miliki itu. Untuk memperoleh posisi yang memuaskan pada halaman SERP google, yahoo, bing dan lainnya, hal yang harus dilakukan tidak hanya memilih kata kunci yang tepat bagi posting blog namun kita juga harus mulai menata dimana keyword – keyword tersebut harus diletakkan.

Berikut penjelasan singkat dimana letak penempatan keyword yang paling tepat agar optimasi seo on page menjadi lebih maksimal :

1. Nama Domain

Kenapa nama domain harus mengandung keyword ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat hasil search pada gambar di samping. Gambar di samping menunjukkan hasil search dari keyword page one on google, yang mana pada halaman satu google urutan pertama dan keduanya adalah domain yang mengandung keyword yang diketikkan sehingga ini bisa kita jadikan salah satu bukti bahwa pemilihan nama domain yang mengandung keyword tertentu akan memiliki kekuatan dimata search engine terutama pada search engine google.

2. Url Blog

Bila nama domain saja yang mengandung keyword sudah sangat berpengaruh, bagaimana pula dengan url-nya... 100% juga akan mempengaruhi hasil perangkingan SERP sebab url blog merupakan salah satu faktor penting penentu posisi SERP dan selalu ditampilkan pula pada hasil pencarian search engine.

3. Title / Judul

Yang sudah pernah diuraikan sebelumnya pada posting Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page menyatakan bahwa title / judul posting yang mengandung keyword yang sama dengan yang diketikkan pada mesin pencari akan memiliki peluang besar masuk di jajaran hasil penelusuran. Dan kalau kita coba sendiri maka memang seperti itu. Jadi kita usahakan memilih judul yang mengandung rich keyword agar hasil yang diperoleh bisa optimal.

4. Meta Tag

Penempatan keyword selanjutnya adalah di dalam meta tag, kenapa harus di dalam meta tag ? sebab meta tag akan mempermudah spider bot dalam menganalisa isi posting blog kita. berikut meta tag tersebut :
- Meta tag description
Meta tag description adalah meta tag yang berisi deskripsi blog atau postingan blog yang penjelasannya diuraikan dalam satu kalimat.
- Meta tag keywords
Meta tag keywords adalah meta tag yang akan menjelasankan pada spider bot tentang keyword apa saja yang akan membawa pengunjung di blog kita.

5. Tag Header

Tag header merupakan tag text yang memiliki ukuran 1 sampai 6, penulisannya berupa H1, H2, H3 sampai H6. Tag header yang disarankan berupa H1 dan H2, karena tag ini mudah sekali dibaca oleh spider bot saat mengcrawl dan mengindex blog kita. Untuk itulah ada baiknya bila kita menyisipkan satu, dua keyword di dalam tag ini.

6. Isi Posting

Penempatan keyword yang terpenting dari semua tentunya terdapat pada isi posting blog, sebab isi postinglah yang paling menentukan dimata search engine apakah posting kita cukup relevan dan bermanfaat untuk ditampilkan atau tidak.

7. Image / Gambar

Sebuah gambar tidak bisa dibaca oleh spider bot oleh karena itu sebaiknya kita pergunakan atribut alt pada image gambar dan letakkan keyword blog pada kode html ini agar spider bot bisa menganalisa gambar tersebut dan agar persentase keyword density pun jadi lebih meningkat.

8. Anchor Text

Tempat terakhir yang di anggap tepat untuk menyisipkan keyword adalah pada anchor text. Selain sangat bermanfaat bagi halaman yang disisipi anchor text, pemberian anchor text berkeyword juga memberikan nilai plus untuk link yang menuju di dalamnya.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Belajar mengatakan...

Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
Teknik Menyisipkan Kata Kunci di H1,H2
Thanks.

Posting Komentar

 

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net