Menggunakan Internal Link Pada Artikel

Bookmark and Share



Menggunakan internal Link di dalam artikel Website/Blog seringkali diremehkan oleh kebanyakan orang, karena anggapan bahwa yang berpengaruh terhadap SEO Google PageRank hanyalah link-link yang diberikan oleh Website/Blog lain. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah, akan tetapi jika kita mengabaikan penggunaan internal link, maka itu sama artinya dengan mengabaikan salah satu faktor SEO yang bernama "Navigasi" dan Referensi".

1. Faktor SEO : Navigasi

Navigasi di dalam sebuah halaman merupakan elemen yang cukup di dalam optimasi SEO, kenapa? Karena setiap Link yang ada akan menjadi jalan keluar bagi crawler search engine untuk bisa terus menjelajahi isi Website/Blog kita, termasuk sub domain, file data, halaman yang ada di Website/Blog atau Website/Blog orang lain yang link-nya di halaman kita.

Permasalahan adalah, belum tahu link-link yang kita pasang di sidebar itu memiliki kaitan dengan tema artikel yang kita bahas. alasan 'persahabatan' dan bukan untuk meningkatkan atribut SEO Website/Blog kita. Oleh karena itu, dengan menggunakan internal Link di artikel kita, maka sebuah halaman akan mendominasi sistem navigasi yang relevan bagi crawler search  engine yang berkunjung ke halaman Website/Blog kita. Dengan catatan, kita memang memberi internal link yang relevan guna mengoptimasi SEO untuk web/blog kita.

2. Faktor SEO : Referensi

Menulis artikel Website/Blog berbeda dengan menulis sebuah buku. Sebuah buku seringkali dibaca karena si pembaca memang ingin membacanya. Sedangkan Website/Blog, seringkali dibaca oleh teman, pencari dari Search Engine, atau orang kesasar karena terpancing sebuah judul artikel kita. Bila kita menulis artikel terlalu panjang, maka hal yang seringkali dilakukan pembaca adalah men-save halaman kita dan membacanya secara offline. Hal ini kurang baik secara keyword SEO, karena keyword density yang ada di halaman tersebut jadi kurang fokus/niched, dan dari segi membagun trafik, keberadaan halaman yang terlalu panjang akan menghambat usaha kita dalam meningkatkan trafik Website/Blog.

Akan lebih baik bila kita memiliki bahasan yang luas, maka kita membaginya menjadi beberapa postingan/artikel yang kita kaitkan dengan link menggunakan anchor link yang relevan. Sehingga pembaca jadi (dengan terpaksa) membuka beberapa halaman di blog kita untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Alhasil, trafic blog dan Alexa Rank kita akan meningkat.

Selain itu, jika kita membuat artikel yang cukup bagus, bila ada yang mengkopas (copy - paste) atau membajak konten website/blog kita, link-link internal biasanya akan tetap dipasang untuk menjaga relevensi artikel yang mereka bajak. Dengan begitu, kita bisa mengontrol siapa yang membajak konten website/blog kita.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

 

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net