Hai sobat kali ini saya akan membahas soal analisa keyword, cara memilih keyword atau kata
kunci memang sudah banyak kita temui di berbagi artikel web atau blog. Dalam
dunia blogging kita harus memahami tentang
betapa pentingnya untuk memasukkan kata kunci atau keyword di posting agar
posisi posting berada di posisi yang bagus di halaman hasil pencarian sehingga
kita akan memperoleh kunjungan. Tapi bagaimana cara menentukan keyword atau
kunci dengan baik ?
Selain backlink, analisis kata
kunci atau keyword adalah hal penting untuk membantu kita mengidentifikasi
kata-kata kunci atau frase yang paling cocok untuk mempromosikan website atau
blog kita di mesin pencari atau search engine, tapi untuk ini saya belum membahas soaal Backlink nanti di artikel-artikel selanjutnya, jadi di simak terus yah artikelnya jangan bosan-bosan yah. Untuk posting kali ini, saya
belum membicarakan tentang keyword mahal yang sering dibidik oleh para pebisnis
adsense. Biasanya banyak alat yang disediakan oleh beberapa situs untuk
menganalisis kata kunci atau keyword yang banyak dicari oleh pengunjung. Selain
itu juga disertai beberapa hal sebagai berikut:
- Tingkat kompetisi untuk kata kunci
- Daftar kombinasi kata kunci
- Perbandingan volume pencarian untuk beberapa kata kunci
Jika kawan – kawan blogger ingin
tahu bagaimana cara memilih keyword yang baik, kita dapat mengunakan alat-alat
berikut untuk analisis kata kunci:
Google Insight / Wawasan :
memberikan informasi tentang volume pencarian dari satu atau beberapa kata
kunci dalam waktu dan lokasi.
Alat analisis keyword ini sangat
berguna untuk membandingkan kata yang berbeda atau frase. Google Insigt atau
google wawasan memberikan kombinasi kata kunci yang terkait dengan
pencarian.Selain itu juga memberikan berita yang terkait dengan kata kunci /
keyword.
Google Adwords: selain memberi
kita informasi tentang volume pencarian satu atau lebih frase keyword, alat ini
menyediakan tingkat persaingan pengiklan, data yang sangat menarik, apalagi
kita juga seorang blogger yang punya bisnis google adsense.
WordTracker: alat analisis kata
kunci lain yang memberikan informasi tentang volume pencarian kata kunci dan
menyarankan kombinasi lain dari keyword yang terkait dengan yang diperkenalkan.
Alat ini dapat digunakan untuk membandingkan data dengan yang diperoleh
sebelumnya. Tapi alat yang ini, cocok untuk menentukan keyword berbahasa
Inggris
Google Trends: dengan alat ini,
kita akan mengetahui keyword yang sedang trend atau banyak dicari dalam jangka
waktu tertentu. Misalnya di posting kemarin saya sengaja membuat posting dengan
tema gerhana bulan, berdasarkan google trend, keyword ini memang lagi populer.
Keyword Density Analysis: Keyword Density Analysis dapat digunakan untuk mencari dan mendeteksi keyword yang ada di dalam sebuah halaman blog, akan terlihat prosentase keyword dalam posting blog. Secara logis kata/keyword dengan frekuensi pengulangan lebih banyak maka secara otomatis akan berpeluang menjadi keyword postingan, dan tentunya crawler google bisa lebih mudah menemukan keyword blog.
{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }
mantrap..sedot mas gan
Posting Komentar